Pj Bupati Launching Aplikasi Srikandi dan I Barito Utara

By deliklapan.com - Selasa, 14 November 2023 | 09:32 WIB | 302 Views

Muara Teweh – Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Barito Utara (Dinas Siptaka Barut) melaksanakan launching Aplikasi Srikandi, penandatanganan GNSTA Gerakan Nasional Tertib Arsip (GNSTA), pemberian penghargaan pemustaka dan launching Aplikasi I-Barito Utara, di gedung Balai Antang, Selasa, (14/11/2023).

Kegiatan launching Aplikasi Srikandi dan I-Barito Utara dihadiri Pj Bupati Barito Utara Drs Muhlis, Plt Sekretaris Daerah Drs Jufriansyah, unsur FKPD, staf ahli bupati dan asisten sekda, kepala perangkat daerah dan undangan lainnya.

Pj Bupati Muhlis mengatakan di era teknologi informasi saat ini telah berpengaruh terhadap seluruh kegiatan, tak luput juga dalam penyelenggaraan pemerintahan. Dimana penggunaan teknologi informasi adalah satu keharusan.

“Pasalnya hal ini sejalan dengan Sistem Pemerintahan Berbasis Eletronik (SPBE) yang merupakan langkah dalam revoluisoner transformasi birokrasi nasional menujuke efesiensi, transparan dan partisipasi yang lebih besar dari masyarakat,” kata Pj Bupati.

Dikatakannya, Dinas Siptaka merupakan institusi pemerintah yang sangat dekat pengelolaan informasi dan sudah semestinya menerapkan SPBE dalam penyelenggaraan kegiatannya. Aplikasi Srikandi ini adalah sistem informasi kesrsipan dinamis terintegrasi yang dikembangkan oleh Kemenpan dan RB, ANRI, Kementerian Kominfo dan Badan Siber Sandi Negara (BSSN).

“Digitalisasi pengarsipan diwujudkan dalam aplikasi sistem informasi kearsipan dinamis terintegrasi yang hadir untuk menciptakan tata kelola pemerintahan yang lebih efektif dan transparan,” terangnya.

Lebih lanjut Pj Bupati, peraturan Kepala Kearsipan Nasional RI Nomor 7 Tahun 2017 tentang gerakan nasional tertib arsip (GNSTA) merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan kualitas pengelolaan arsip di seluruh instansi pemerintah dan swasta. Untuk mendukung terwujudnya hal tersebut perlu adanya komitmen untuk GNSTA.

“Diharapkan seluruh kepala perangkat daerah membuat komitmen tentang GNSTA, agar Pemerintah Kabupaten Barito Utara dalam mewujudkan tujuan penyelenggaraan kearsipan melalui aspek kebijakan, organisasi, SDM Kearsipan, sarana dan prasarana, pengeolaan arsip serta pendanaan kearsipan,” kata Muhlis.

Dan kata Muhlis lagi, pada hari ini seluruh kepala perangkar daerah dapat membuat komitmen tentang GNSTA agar Pemerintah Kabupaten Barito Utara dalam mewujudkan tujuan penyelenggaraan kearsipan dapat terlaksana.

“Penggunaan melalui pelayanan aplikasi ini memungkinkan kita dapat melihat secara real time koneksi apa saja yang tersedia di perpustakaan, dan di era digital ini perpustakaan tidak hanya dalam bentuk fisik namun juga berbentuk perpustakaan digital. Untuk itu nantinya, mari kita bersama-sama memamfaatkan aplikasi perpustakaan digital sebagai upaya mendapatkan informasi yang cepat, tepat dan benar,” pungkasnya.(ard)

Banner-Topa

Berita Terkait

Berita Terbaru

Jul 18, 2024

Fraksi PKB Sampaikan Dua Pertanyaan Terhadap Pelaksanaan APBD 2023

Muara Teweh – Pada rapat paripurna II DPRD Kabupaten Barito…

Jul 18, 2024

Fraksi ARKS Apresiasi Capaian Opini WTP ke 10 Kalinya dan agar tetap dipertahankan

Muara Teweh – Juru bicara Fraksi Gabungan ARKS DPRD Barito…

Jul 18, 2024

Fraksi Gerindra Apresiasi Atas Tercapainya Opini WTP ke 10 kalinya

Muara Teweh – Fraksi Gerakan Indonesia Raya (F-Gerindra) mengapresiasi atas…

Jul 18, 2024

Fraksi PPP Siap Membahas Raperda Pertanggungjawaban APBD TA 2023

Muara Teweh – Fraksi Partai Persatuan Pembangunan (F-PPP) DPRD Kabupaten…

Jul 18, 2024

Fraksi Demokrat Menerima dan Siap Membahas

Muara Teweh – Fraksi Partai Demokrat (F-PD) DPRD Kabupaten Barito…

Jul 18, 2024

Perolehan Opini WTP ke 10 Kalinya Salah Satu Bentuk Sinergitas antara Eksekutif dan Legislatif

Muara Teweh – Pada pemandangan umum Fraksi PDIP DPRD Kabupaten…