Kualitas Udara Kurang Baik Akibat Kabut Asap, Disdik Barut Longgarkan Jam Belajar

By deliklapan.com - Rabu, 4 Oktober 2023 | 06:16 WIB | 279 Views

Muara Teweh – Kualitas udara kurang baik akibat kabut asap yang semakin pekat di dalam kota Muara Teweh dan sekitarnya di wilayah Kabupaten Barito Utara, Dinas Pendidikan (Disdik) setempat melonggarkan jam belajar bagi siswa dan siswi di daerah setempat.

Menindaklanjuti Surat Edaran (SE) Pj Bupati Barito Utara tanggal 3 Oktober 2023, nomor : 660.32/1152/DLH tentang Antisipasi Kejadian kabut asap yang bisa berdampak dengan murid sekolah, karena kualitas udara berada pada kategori tidak sehat dan berdampak buruk terhudap kesehatan manusia.

Sehubungan dengan hal tersebut, Dinas Pendidikan Barito Utara keluarkan himbauan Nomor : 420/1974/Dikdas/X2023 perihal proses pembelajaran situasi kabut asap yang ditujukan kepada Kepala SD, SMP atau Satuan Pendidikan se Barito Utara.

Dalam himbauan tersebut Kepala Dinas Pendidikan Barito Utara Syahmiluddin A Surapati menghimbau kepada peserta didik untuk menggunakan masker pada saat beraktifitas baik di ruang kelas maupun di luar kelas.

Kemudian, mengurangi aktivitas kegiatan bagi peserta didik diluar ruang kelas, menyediakan tabung oksigen pada ruang khusus atau ruang UKS untuk memberikan pelayanan kepada peserta didik yang mengalami gangguan pernapasan.

“Bagi Sekolah Dasar melaksanakan pembelajaran dimulai pukul 08.00 WIB dan untuk waktu pulang dimajukan 1 (satu) jam dari jam biasanya. Untuk SMP melaksanakan pembelajaran dimulai pukul 08.00 WIB,” kata Syahmiluddin A Surapati dalam himbauannya.

Syahmiluddin juga meminta agar pihak sekolah tidak membakar sampah. Untuk guru, tata usaha dan penjaga sekolah tetap melaksanakan tugas seperti biasanya, mengingat wajib dalam menyesuaikan Aplikasi SIDIAN dan SISKA.

Dan ketentuan ini berlaku dari tanggal 4 Oktober 2023 sampai dengan cuaca membaik.

Sebelumnya, Pj Bupati Barito Utara Drs Muhlis keluarkan surat edaran tanggal 3 Oktober 2023 Nomor : 660.32/1152/DLH tentang Antisipasi Kabupt Asap. Surat Edaran ini ditujukan kepada Kepala Dinas Kesehatan, Kepala Dinas Pendidikan, Camat se Barito Utara dan seluruh lapisan masyarakat.

Terkait hal tersebut, Pj Bupati Barito Utara menghimbau kepada pihak-pihak terkait dan seluruh lapisan masyarakat untuk, kepada Kepala Dinas Kesehatan untuk membagikan masker kepada warga masyarakat dan membuat laporan terkait warga yang terkena penyakit ISPA selama kejadian kabut asap.

Kepada Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Barito Utara untuk mengatur jadwal jam pembelajaran di sekolah atau bilamana perlu diliburkan untuk sementara waktu.

Dan kepada Camat agar menghimbau kepada Lurah dan/atau Kepala Desa serta warganya untuk bersama-sama menjaga wilayahnya dari kebakaran hutan dan lahan (Karhutla).

“Kepada seluruh warga masyarakat agar menggunakan masker saat berkatifitas di luar ruangan dan mengurang aktivitas di luar ruangan untuk hal-hal yang kurang penting,” kata Pj Bupati Barito Utara Drs Muhlis dalam surat edaran tersebut.(ard)

Banner-Topa

Berita Terkait

Berita Terbaru

Jul 18, 2024

Fraksi PKB Sampaikan Dua Pertanyaan Terhadap Pelaksanaan APBD 2023

Muara Teweh – Pada rapat paripurna II DPRD Kabupaten Barito…

Jul 18, 2024

Fraksi ARKS Apresiasi Capaian Opini WTP ke 10 Kalinya dan agar tetap dipertahankan

Muara Teweh – Juru bicara Fraksi Gabungan ARKS DPRD Barito…

Jul 18, 2024

Fraksi Gerindra Apresiasi Atas Tercapainya Opini WTP ke 10 kalinya

Muara Teweh – Fraksi Gerakan Indonesia Raya (F-Gerindra) mengapresiasi atas…

Jul 18, 2024

Fraksi PPP Siap Membahas Raperda Pertanggungjawaban APBD TA 2023

Muara Teweh – Fraksi Partai Persatuan Pembangunan (F-PPP) DPRD Kabupaten…

Jul 18, 2024

Fraksi Demokrat Menerima dan Siap Membahas

Muara Teweh – Fraksi Partai Demokrat (F-PD) DPRD Kabupaten Barito…

Jul 18, 2024

Perolehan Opini WTP ke 10 Kalinya Salah Satu Bentuk Sinergitas antara Eksekutif dan Legislatif

Muara Teweh – Pada pemandangan umum Fraksi PDIP DPRD Kabupaten…