Tidak Tegas PBS Garap Lahan Diluar HGU

By deliklapan.com - Senin, 3 Oktober 2022 | 07:10 WIB | 441 Views

SAMPIT -Anggota komisi I DPRD Kabupaten kotawaringin timur M Abadi Mendorong ketegasan pemerintah daerah supaya memberikan tidak terhadap perusahan besar swasta(PBS) yang bergerak dibidang perkebunan kelapa sawit yang berani menggarap lahan melebihi hak guna usaha (HGU)yang diberikan oleh pemerintah daerah maupun provinsi pasalnya selama ini masih banyak laporan atau informasi yang masuk terkait hal ini maka dari itu pemerintah daerah diharapan untuk memberikan tindak.

“kami ada informasi dikotim ada sejumlah PBS yang sengaja menggarap lahan melebihi HGU nya dan itu disinyalir sudah sejak lama terjadi bahkan luasan hingga mencapai puluhan ribu hektare. “ujar Abadi yang juga menjabat ketua praksi PKB kotim ini.

Apa lagi saat ini tambahnya tuntutan masyarakat terhadap pola kemitraan bahkan orang nomor satu dikalimantan tengah (gubernur) juga sudah secara terang terangan akan mencabut ijin PBS yang tidak membangun pola kemitraan(plasma ) maka dari itu untuk memenuhi hal itu evaluasi ijin HGu bila mana ditemukan lahan diluar HGu maka itu bisa dijadikan lahan plasma masyarakat.

“selama ini ketika ada tuntutan plasma setiap PBS selalu menyatakan siap asalkan ada lahanya, masyarakat disuruh menyediakan lahan sementara lahan mereka juga pun belum tentu semuanya legal bisa saja itu banyak diluar Hgu. “tutur Abadi.

Lebih lanjut politisi PKB ini Mengatakan dari data yang ada dikotawaringin timur ternyata masih banyak lahan diluar Hgu bahkan satu PT saja bisa mencapai ribuan hektare.

“saya harap oni jadi perhatian gubernur kalteng sehingga apa yang di harapkan selama ini supaya masyarakat belum bisa memiliki plasma bisa terwujud .”tukas Abadi. //'(sut)

Banner-Topa

Berita Terkait

Berita Terbaru

Jun 22, 2024

Pemkab Diminta Perhatikan Kebutuhan Fasilitasi di Sangar Tarian

MUARA TEWEH- Ketua DPRD Kabupaten Barito Utara Hj Mery Rukaini…

Jun 21, 2024

50 Peserta Ikuti Sosialisasi dan Promosi serta Pelatihan Pengoperasian SI BAGA

Muara Teweh – Kepala Badan Pendapatan Pengelolaan Daerah Kabupaten Barito…

Jun 21, 2024

BPPD Barut Sosialisasi dan Promosi serta Pelatihan Pengoperasian SI BAGA

Muara Teweh – Setelah melaksanakan launcing Sistem Inovasi Barito Utara…

Jun 20, 2024

Pj Bupati Muhlis Tinjau Kegiatan Pasar Murah di Kecamatan Montallat

Muara Teweh – Pj Bupati Barito Utara, Drs Muhlis meninjau…

Jun 20, 2024

Pj Bupati Barut Muhlis Launching Aplikasi SI BAGA

Muara Teweh – Pj Bupati Barito Utara Drs Muhlis melaksanakan…

Jun 20, 2024

Gunakan Anggaran Desa Untuk Kemajuan Pembangunan Desa

Muara Teweh– Harus menjadi perhatian seluruh aparatur dan kepala desa…