Guna Menghindari Penipuan Digital Warga Perlu Diberikan Literasi Digital dan Keuangan

By deliklapan.com - Jumat, 22 Maret 2024 | 01:51 WIB | 369 Views

Puruk Cahu – Wakil Ketua Komisi I DPRD Murung Raya (Mura), Rahmat Hidayat mengatakan bahwa masih banyak masyarakat yang belum memiliki pengetahuan akan literasi digital dan literasi keuangan yang baik.

Perihal tersebut tentu menjadi salah satu faktor untuk mudahnya masyarakat tertipu dari berbagai modus penipuan digital, karena pemahaman dan pengetahuan akan literasi digital dan literasi keuangan menjadi kunci untuk menghindari terjadinya penipuan digital.

“Belakangan ini, muncul berbagai modus penipuan digital yang semakin canggih dan banyak masyarakat yang mudah terjebak. Penting bagi masyarakat untuk tidak mudah percaya, tergoda, atau terjebak. Sebelum melakukan transaksi atau mempercayai suatu informasi, ada baiknya mencari tahu informasi dan kebenarannya terlebih dahulu,” imbuhnya, (22/3/2024).

Dia menambahkan, upaya penguatan mitigasi literasi digital dan keuangan sudah sering dilakukan oleh pemerintah dan pihak terkait seperti perbankan dan Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Namun, masih banyak masyarakat yang belum memahami mana sumber pembiayaan yang memiliki izin dari pemerintah. Oleh karena itu, tidak sedikit masyarakat yang terjebak dengan pinjaman online yang sebenarnya tidak memiliki izin.

Oleh karena itu, Rahmat berharap pemerintah dan pihak terkait terus melakukan upaya penguatan dan mengkomunikasikan mitigasi literasi digital dan literasi keuangan kepada semua lapisan masyarakat.

“Dalam sosialisasi sendiri penting untuk menggunakan bahasa yang mudah dicerna dan dipahami masyarakat, termasuk dengan menggunakan bahasa daerah setempat,”tambahnya.

Pemahaman literasi digital dan literasi keuangan yang baik dapat membantu masyarakat membuka mata dan telinga mereka terhadap lingkungan digital yang berkembang pesat. Dengan pemahaman yang baik dan kritis, masyarakat dapat dengan mudah menghindari terjebak dalam aksi penipuan digital yang semakin canggih.(ard)

Banner-Topa

Berita Terkait

Berita Terbaru

Jul 22, 2024

Sambut Hari Jadi ke 74 Barut, Surya Pratama Gelar Yamaha Batara Fun Race 2024

Muara Teweh – Dalam rangka menyambut dan memeriahkan Hari Jadi…

Jul 22, 2024

Banyak Kemajuan Pembangunan yang telah diraih Pemkab Barut

Muara Teweh – Pj Bupati Barito Utara Drs Muhlis mengatakan…

Jul 22, 2024

Banyak Capaian yang Sudah Diraih Kabupaten Barito Utara Diusia ke 74 Tahun

Muara Teweh – Gubernur Kalimantan Tengah H Sugianto Sabran mengatakan…

Jul 20, 2024

Legislator Barut Mengapresiasi Pelaksnaan Pelatihan LPj APBDes

Muara Teweh – Ketua Komisi II DPRD Kabupaten Barito Utara,…

Jul 19, 2024

Dinas Perkimtan Rapat Persiapan Malam Hiburan Rakyat Sambut Hari jadi ke 74 Kabupaten Barut

Muara Teweh – Pada tahun 2024 ini, Kepala Dinas Perumahan,…

Jul 19, 2024

Pemkab Sampaikan Jawaban terhadap Pandangan Umum Fraksi DPRD

Muara Teweh – Pemerintah Kabupaten Barito Utara (Pemkab Barut) sampaikan…