Pemkab Barito Utara Gelar Acara Konsultasi Publik.

By deliklapan.com - Selasa, 17 September 2024 | 07:06 WIB | 386 Views

Muara Teweh – Pemerintah Kabupaten Barito Utara, melalui Dinas PUPR menggelar acara Konsultasi Publik (KP-l) Rencana Detail Tata Ruang (RDTR) dan Kajian Lingkungan Hidup Strategis (KLHS), Wilayah Perencanaan Kecamatan Montallat Kabupaten Barito Utara, yang digelar di Hotel GH Senyiur Muara Teweh, Selasa 17/09/2024. Dalam kegiatan ini dihadiri Kepala Perangkat Daerah,Perwakilan Dari Kementrian Lembaga, Para Camat dan undangan terkait lainnya.

Pj Bupati Barito Utara, Drs Muhlis, dalam sambutannya mengatakan, tahun 2024 ini Kabupaten Barito Utara mendapatkan bantuan teknis untuk peyusunan rencana detail tata ruang, melalui anggaran belanja tambahan penerimaan negara bukan pajak,hal ini merupakan bentuk dukungan dari Pemerintah Pusat, bagi pelaksanaan pembangunan daerah, dalam bentuk perwujudan penataan ruang, yang nantinya sangat bermanfaat bagi seluruh lapisan masyarakat.

Muhlis menambahkan, tujuan konsultasi publik rencana detail tata ruang, adalah untuk memastikan bahwa perencanaan dan keputusan yang diambil tidak hanya efektif dan berkelanjutan, tetapi juga mencerminkan kepentingan dan aspirasi masyarakat setempat, diantaranya dengan mendengarkan langsung mengenai kebutuhan, harapan dan kehawatiran mereka, terkait dengan rencana tata ruang dan dampak lingkungan.

“Sebagai informasi awal, dan data dari Kementrian Investasi/ Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM), di Kecamatan Montallat memiliki investasi sebesar kurang lebih 4,6 Triliun Rupiah, adapun maksud disusunnya Rencana Detail Tata Ruang (RDTR) di Kecamatan Montallat ini, adalah untuk menyusun rencana pengembangan dan pembangunan fisik kawasan, serta memberikan kepastian hukum dalam pemberian perijinan berusaha, agar sesuai dengan peruntukan lahan, sebagaiman diatur dalam perundang-undangan yang berlaku”Jelasnya.

“Kita dapat memastikan bahwa rencana yang dihasilkan benar-benar mecerminkan kebutuhan dan kepentingan bersama agar semua pihak dapat memberikan saran,masukan kepada tim peyusun agar kita lebih merumuskan keterpaduan isu strategis yang ada di Kabupaten Barito Utara”Jelas Drs.Muhlis dalam sambutannya.

Sementara itu Direktur Bina Perencanaan Tata Ruang Daerah Wilayah II Reni Windyawati meyampaikan kegiatan ini untuk melakukan
konsultasi publik dalam rangka untuk membantu teman-teman di daerah dalam proses penyusunan rencana detail tata ruang daerah bahwa pekerjaan ini akan menjadi satu dokumen yang sangat penting di dalam pemberian perizinan baik itu kegiatan usaha maupun kegiatan pemanfaatan serta untuk melakukan kegiatan usaha atau pemaparan.
Diakhir kegiatan juga dilaksanakan berita acara penandatanganan bersama konsultasi publik-01 untuk wilayah perencanaan Kecamatan Montallat.(ard)

Banner-Topa

Berita Terkait

Berita Terbaru

Sep 19, 2024

Maksimalkan Pelayanan Publik Sampai ke Desa-Desa

Muara Teweh- Anggota DPRD Kabupaten Barito Utara Suhendra menilai saat…

Sep 19, 2024

Harapkan Pemerintah Desa Dapat Maksimalkan BUMdes

Muara Teweh – Anggota DPRD Kabupaten Barito Utara Hasrat S.Ag…

Sep 19, 2024

Ini Harapan Legislator Barut Terkait Program Pembangunan di Barito Utara

Muara Teweh– Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Kabupaten Barito…

Sep 18, 2024

Penjabat Bupati dan Jajaran Sambut Wakapolda

Muara Teweh- Wakapolda Kalimantan Tengah Brigjen. Pol. DR. Rakhmad Setyadi,…

Sep 18, 2024

Disnakertrankop UKM Barut Gelar Pelatihan Kreasi Kerajinan Berbahan Dasar Rotan Kombinasi Dengan Kulit

MUARA TEWEH – Pemerintah Kabupaten Barito Utara melalui Dinas Tenaga…

Sep 18, 2024

Legislator Ini Minta Ortu Batasi Anak Gunakan Smartphone

Muara Teweh – Anggota DPRD Kabupaten Barito Utara Jamilah mengingatkan…