Penanggulangan Kemiskinan perlu di Rumuskan

By deliklapan.com - Rabu, 8 November 2023 | 09:16 WIB | 399 Views

MUARA TEWEH –Anggota DPRD Barito Utara, Nuriyanto meminta Pemkab setempat merumuskan target pencapaian penanggulangan kemiskinan berdasarkan mekanisme perencanaan pembangunan.

Sebab kata dia, secara umum target pencapaian program penanggulangan kemiskinan dengan meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan mengurangi jumlah penduduk miskin.

Ia juga mengatakan bahwa dalam peraturan presiden nomor 15 tahun 2010 tentang percepatan penanggulangan kemiskinan disebutkan bahwa penanggulangan kemiskinan adalah kebijakan/program pemerintah pusat dan pemerintah daerah.

Yang dilakukan secara sistematis dan terencana serta bersinergi dengan dunia usaha juga masyarakat untuk mengurangi jumlah penduduk miskin dalam rangka meningkatkan derajat kesejahteraan rakyat.

Legislator PKS ini juga mengharapkan, kebijakan dan program penanggulangan kemiskinan agar dapat mencapai tujuan dan sasaran yang telah ditetapkan.

Oleh karena itu, dalam pelaksanaannya perlu dilakukan secara terpadu dan terkoordinasi baik secara vertikal maupun horizontal.

“Tugas tim koordinasi penanggulangan yang telah terbentuk hendaknya perlu terus menerus melakukan penyempurnaan sesuai dengan kompleksitas permasalahan yang dihadapi dan diharapkan hasilnya dapat lebih optimal,” katanya.

Menurutnya, untuk menurunkan angka kemiskinan bukanlah pekerjaan mudah, namun perlu kerja keras dan komitmen penuh agar bersama-sama memacu pertumbuhan ekonomi, sehingga akan tercipta banyak lapangan kerja serta berkurangnya angka kemiskinan dan pengangguran.

“Dengan pertumbuhan ekonomi yang stabil maka sumber daya pembangunan akan meningkat, pendapatan lebih banyak yang akan meningkatkan alokasi pendanaan untuk pendidikan, kesehatan, usaha kecil, mikro, menengah dan sebagainya untuk pelaksanaan kebijakan penanggulangan kemiskinan,” pungkasnya. (Ard)

Banner-Topa

Berita Terkait

Berita Terbaru

Jul 18, 2024

Fraksi PKB Sampaikan Dua Pertanyaan Terhadap Pelaksanaan APBD 2023

Muara Teweh – Pada rapat paripurna II DPRD Kabupaten Barito…

Jul 18, 2024

Fraksi ARKS Apresiasi Capaian Opini WTP ke 10 Kalinya dan agar tetap dipertahankan

Muara Teweh – Juru bicara Fraksi Gabungan ARKS DPRD Barito…

Jul 18, 2024

Fraksi Gerindra Apresiasi Atas Tercapainya Opini WTP ke 10 kalinya

Muara Teweh – Fraksi Gerakan Indonesia Raya (F-Gerindra) mengapresiasi atas…

Jul 18, 2024

Fraksi PPP Siap Membahas Raperda Pertanggungjawaban APBD TA 2023

Muara Teweh – Fraksi Partai Persatuan Pembangunan (F-PPP) DPRD Kabupaten…

Jul 18, 2024

Fraksi Demokrat Menerima dan Siap Membahas

Muara Teweh – Fraksi Partai Demokrat (F-PD) DPRD Kabupaten Barito…

Jul 18, 2024

Perolehan Opini WTP ke 10 Kalinya Salah Satu Bentuk Sinergitas antara Eksekutif dan Legislatif

Muara Teweh – Pada pemandangan umum Fraksi PDIP DPRD Kabupaten…