Mustafa Joyo Muchtar : SDA Harus Harus di Kelola Dengan Bijaksana

By deliklapan.com - Selasa, 7 November 2023 | 09:13 WIB | 369 Views

MUARA TEWEH – Anggota DPRD Barito Utara Mustafa Joyo Muchtar mengingatkan, bahwa pengelolaan sumber daya alam harus bijaksana.

Ia mengatakan seperti lahan tambang merupakan SDA yang tidak dapat diperbarukan bila penambangan dilakukan secara tidak bijaksana, hanya menghasilkan keuntungan sesaat.

Namun berujung pada kerusakan lingkungan dan merugikan banyak pihak khususnya masyarakat disekitar lokasi tambang.

“Sudah saatnya kita melaksanakan pembangunan yang berwawasan lingkungan dan berkelanjutan kelestarian fungsi ekosistem dan kehidupan sosial, budaya masyarakat tidak boleh dikorbankan demi mengejar pertumbuhan ekonomi,” katanya.

Aspek lingkungan, sosial budaya dan ekonomi harus mendapat porsi yang seimbang dalam kita melaksanakan kegiatan pembangunan.

“Dengan demikian berarti kita melaksanakan pembangunan untuk memenuhi kebutuhan saat ini tanpa mengurangi memampuan generasi yang akan datang untuk memenuhi kebutuhan mereka,” ucap dia.

Tidak dipungkiri bahwa secara umum kegiatan pertambangan rakyat selama ini sedikit banyak telah memberikan kontribusi bagi pembangunan Kabupaten Barito Utara.

Baik dalam hal penyerapan tenaga kerja maupun menjamin suplei ketersediaan material bangunan berupa batu belah, pasir dan koral.

Namun disadari pula bahwa kegiatan tersebut mengandung resiko terjadinya pencemaran dan kerusakan lingkungan dan harus dilaksanakan berdasarkan asas-asas perlindungan serta pengelolaan lingkungan hidup.

Ia menambahkan, mencegah berlanjutnya pencemaran dan kerusakan lingkungan akibat kegiatan pertambangan rakyat bisa dilakukan dengan memberikan pemahaman bagi pelakunya bahwa penting melaksanakan pertambangan rakyat yang ramah lingkungan dan berkelanjutan.

“Seluruh usaha atau kegiatan pertambangan rakyat dapat diselenggarakan berdasarkan perizinan yang sah, baik izin lingkungan maupun Izin Pertambangan Rakyat (IPR), seluruh usaha pertambangan rakyat melaksanakan kewajiban melakukan upaya pengelolaan dan pemantauan lingkungan hidup serta meningkatnya penerimaan keuangan daerah yang berasal dari retribusi, pajak pertambangan rakyat adalah tujuan dari sosiaslisasi ini ke depan,” ucap dia. (Ard)

Banner-Topa

Berita Terkait

Berita Terbaru

Jun 17, 2024

Pj Bupati Muhlis Sholat Idul Adha 1445 H di Masjid Islamic Center

Muara Teweh – Pj Bupati Barito Utara, Drs Muhlis beserta…

Jun 17, 2024

Sambut Idul Adha 1445 H Pemkab Barut dan PHBI Gelar Pawai Takbir Keliling dan Mobil Hias

Muara Teweh – Pemerintah Kabupaten Barito Utara bersama Panitia Hari…

Jun 16, 2024

Legislator Minta Perusahaan yang Beroperasi Lengkapi Perijinan

Muara Teweh – Bagi perusahaan atau investor yang akan berinvestasi…

Jun 16, 2024

Jembatan di RT 6 Jalan Keladan, di Lakukan Perbaikan

Muara Teweh – Pemerintah Kabupaten Barito Utara melalui Dinas Pekerjaan…

Jun 16, 2024

Masyarakat di Himbau Jaga Kondusifitas Jelang Pilkada Serentak 2024

Muara Teweh – Pemilihan Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah…

Jun 15, 2024

Pendidikan Kunci Keberhasilan Suatu Bangsa

Muara Teweh – Ketua Komisi II DPRD Barito Utara, Karianto…