Wings Air Kembali Buka Penerbangan Banjarmasin – Muara Teweh

By deliklapan.com - Senin, 9 Oktober 2023 | 09:07 WIB | 266 Views

Muara Teweh – Setelah sebelumnya maskapai penerbangan Wings Air rute Banjarmasin – Muara Teweh dan sebaliknya sempat dihentikan sementara selama 4 hari (5-8 Oktober 2023) karena kabut asap, dan mulai hari ini, Senin 9 Oktober 2023, maskapai Group Lion Air ini kembali melayani rute penerbangan ke Bandara Haji Muhammad Sidik dan sebaliknya.

Kepala Bandara Haji Muhammad Sidik, Endang Setiawan dikonfirmasi Senin (9/10/2023) siang membenarkan informasi terkait beroperasinya lagi penerbangan Wings Air dari Banjarmasin- Muara Teweh (PP). Selain itu, untuk penerbangan perintis ke Palangka Raya juga sudah kembali seperti biasa.

“Semoga penerbangan kembali normal dan kabut asap segera hilang sehingga Bandara Haji Muhammad Sidik kembali menjadi pintu gerbang masuk wilayah Kabupaten Barito Utara,” ungkap Endang Setiawan, Senin (9/10/2023).

Sebelumnya diberitakan, kabut asap yang menyelimuti kota Muara Teweh dan sekitarnya dalam sepekan terakhir kian pekat, tak hanya membuat kualitas udara menjadi tidak sehat, hal ini juga berdampak pada jarak pandang yang semakin pendek sehingga mengganggu keamanan penerbangan.

Akibatnya, maskapai Wings Air yang biasanya setiap hari melayani rute Banjarmasin (BDJ) – Muara Teweh (HMS) dan sebaliknya menghentikan rute penerbangan tersebut untuk sementara waktu.

Pemberhentian penerbangan ini disampaikan secara resmi oleh pihak Wings Air kepada Kepala Bandara Haji Muhammad Sidik (HMS) pada hari ini, 4 Oktober 2023.

“Betul pak, untuk tanggal 5 sampai dengan 8 Oktober tidak ada penerbangan dikarenakan kabut asap,” ungkap Kepala Bandara HMS saat dikonfirmasi, Rabu (4/10) malam.

Hal ini menurut Endang, diakibatkan visibility atau jarak pandang di Bandara Haji Muhammad Sidik yang kurang dari 5000 meter.

Selain itu, penerbangan perintis Smart Aviation dengan pesawat jenis Cessna dengan kapasitas 12 penumpang yang disubsidi pemerintah dengan rute Palangka Raya – Muara Teweh dan sebaliknya juga telah dihentikan sementara sejak tanggal 2 hingga 7 Oktober mendatang karena lagi maintenance.(ard)

Banner-Topa

Berita Terkait

Berita Terbaru

Jul 18, 2024

Fraksi PKB Sampaikan Dua Pertanyaan Terhadap Pelaksanaan APBD 2023

Muara Teweh – Pada rapat paripurna II DPRD Kabupaten Barito…

Jul 18, 2024

Fraksi ARKS Apresiasi Capaian Opini WTP ke 10 Kalinya dan agar tetap dipertahankan

Muara Teweh – Juru bicara Fraksi Gabungan ARKS DPRD Barito…

Jul 18, 2024

Fraksi Gerindra Apresiasi Atas Tercapainya Opini WTP ke 10 kalinya

Muara Teweh – Fraksi Gerakan Indonesia Raya (F-Gerindra) mengapresiasi atas…

Jul 18, 2024

Fraksi PPP Siap Membahas Raperda Pertanggungjawaban APBD TA 2023

Muara Teweh – Fraksi Partai Persatuan Pembangunan (F-PPP) DPRD Kabupaten…

Jul 18, 2024

Fraksi Demokrat Menerima dan Siap Membahas

Muara Teweh – Fraksi Partai Demokrat (F-PD) DPRD Kabupaten Barito…

Jul 18, 2024

Perolehan Opini WTP ke 10 Kalinya Salah Satu Bentuk Sinergitas antara Eksekutif dan Legislatif

Muara Teweh – Pada pemandangan umum Fraksi PDIP DPRD Kabupaten…