Pj Bupati Muhlis Apresiasi PAMA SMM Healthy Award 2024

By deliklapan.com - Selasa, 5 Maret 2024 | 05:16 WIB | 373 Views

MUARA TEWEH – Pj Bupati Barito Utara Drs Muhlis mengapresiasi pelaksanaan PAMA SMM Healthy Award 2024 yang dilaksanaka oleh PT Pamapersada Nusantara distric Suprabari Mapanindo Mineral Sekako (SMMS) di Gedung Balai Antang Muara Teweh, Selasa (5/3/2024).

“Saya sengaja hadir secara khusus disini, karena Saya tau ini adalah upaya yang luar biasa dilakukan oleh PAMA SMMS. Hal ini seharusnya bisa ditiru oleh perusahaan lainnya, apalagi ini terkait dengan kesehatan masyarakat,” kata Pj Bupati Muhlis saat memberikan sambutan pembukaan kegiatan tersebut, Selasa (5/3/2024).

“Kenapa hal ini dianggap luar biasa, karena salah satu mengukur indeks pembangunan manusia (IPM) itu adalah kesehatan yang dalam hal ini adalah angka harapan hidup. Tentu semakin sehat manusianya, maka akan lebih tinggi angka harapan hidupnya yang dimulai dari sejak bayi. Oleh karena itu, harapan kita angka stunting khususnya di lima desa binaan PAMA SMMS ini pada akhirnya bisa nol,” harap Pj Bupati.

Pada kesempatan tersebut, Pj Bupati juga mengapresiasi kepada 70 kader Posyandu yang berada di desa-desa binaan ring 1 Pama Distrik SMMS yang telah bersemangat menjalankan program setiap bulan secara konsisten untuk memantau tumbuh kembang anak diwilayah masing-masing yang bekerja sama dengan Puskesmas serta pihak perusahaan dalam hal ini PT. Pamapersada Nusantara Distrik SMMS.

“Sesuai dengan tagline yang dibawakan pada acara ini yaitu dedikasi, kolaborasi, prestasi dimana harapannya semua sektor yang terlibat mampu bersama-sama berkomitmen untuk mendedikasikan peran waktu dan tenaga untuk kesehatan anak serta kolaborasi yang secara terus menerus berjalan lintas sektor, sehingga mampu menciptakan generasi anak bangsa yang berprestasi.” jelas Pj Bupati Muhlis.

Sementara itu, CSR Dept Head PT. Pamapersada Nusantara Distrik SMMS, Ahmad Ibnu Hasan mengatakan, bahwa maksud dan tujuan dari kegiatan ini adalah untuk memberikan apresiasi kepada kader Posyandu balita dalam menjalankan tugasnya.

“Selain itu, adalah untuk meningkatkan semangat,pemahaman atau pengetahuan bagi kader untuk mengelola Posyandu serta mengajak masyarakat untuk terus berperilaku hidup sehat dan menjalin silaturahmi dan meningkatkan kolaborasi antar lintas sektor yang berkelanjutan,” tutur Ibnu Hasan.

Dikatakannya, Pama SMM Healthy Award 2024 ini merupakan puncak acara dari kegiatan pembinaan 13 Posyandu yang ada di 5 desa yang ada di ring 1 PAMA, yaitu Desa Lemo I, Lemo II, Desa Pendreh yang berada di wilayah Kecamatan Teweh Tengah, dan Desa Bintang Ninggi I, Bintang Ninggi II di wilayah Kecamatan Teweh Selatan.

“Ini merupakan salah satu inovasi CSR PAMA SMMS dalam hal ini bidang kesehatan dan telah melahirkan program pembinaan kader posyandu yang disebut Posyandu Plus,” jelasnya.

Posyandu Plus ini fokusnya membina kader sehingga bisa menjalankan tupoksinya secara maksimal dengan cara memenuhi 27 item kemandirian Posyandu.

“Dimomen ini kita kasih penghargaan karena dalam waktu 6 bulan kemaren mereka berlomba-lomba untuk memenuhi beberapa item untuk menuju Posyandu mandiri. Sekaligus lomba lainnya. Begitu juga dengan kader yang sudah berdedikasi mengabdi untuk masyarakat, tadi ada yang sudah 27 tahun menjadi kader Posyandu,” jelas Ahmad Ibnu Hasan.

Menurut Ibnu Hasan, mereka tidak bisa sendiri melainkan didukung oleh Dinas Kesehatan, UPT Puskesmas, baik di Trahean, Lemo maupun UPT Puskesmas di Muara Teweh serta para kader Posyandu.

“Harapannya program ini terus berlanjut dan bisa dilaksanakan setiap tahun. Apa yang kami upayakan dari PAMA dan SMMS ini bisa memberikan kontribusi positif terhadap program-program pembangunan di Kabupaten Barito Utara khususnya area terdekat ring 1 perusahaan,” pungkasnya.

Selain dihadiri langsung Pj Bupati, kegiatan PAMA SMM Healthy Award 2024 ini juga dihadiri Kadis Dalduk KBP3A, Silas Patiung, Sekretaris Dinas Kesehatan, CSR PT Suprabari Mapanindo Mineral, Kades Lemo 1, Kades Bintang Ninggi 1 dan Kades Pendreh serta Kepala UPT Puskesmas dan undangan lainnya. (ard)

Banner-Topa

Berita Terkait

Berita Terbaru

Jun 22, 2024

Pemkab Diminta Perhatikan Kebutuhan Fasilitasi di Sangar Tarian

MUARA TEWEH- Ketua DPRD Kabupaten Barito Utara Hj Mery Rukaini…

Jun 21, 2024

50 Peserta Ikuti Sosialisasi dan Promosi serta Pelatihan Pengoperasian SI BAGA

Muara Teweh – Kepala Badan Pendapatan Pengelolaan Daerah Kabupaten Barito…

Jun 21, 2024

BPPD Barut Sosialisasi dan Promosi serta Pelatihan Pengoperasian SI BAGA

Muara Teweh – Setelah melaksanakan launcing Sistem Inovasi Barito Utara…

Jun 20, 2024

Pj Bupati Muhlis Tinjau Kegiatan Pasar Murah di Kecamatan Montallat

Muara Teweh – Pj Bupati Barito Utara, Drs Muhlis meninjau…

Jun 20, 2024

Pj Bupati Barut Muhlis Launching Aplikasi SI BAGA

Muara Teweh – Pj Bupati Barito Utara Drs Muhlis melaksanakan…

Jun 20, 2024

Gunakan Anggaran Desa Untuk Kemajuan Pembangunan Desa

Muara Teweh– Harus menjadi perhatian seluruh aparatur dan kepala desa…