Pj Bupati : BPD berperan penting dalam perencanaan pembangunan desa

By deliklapan.com - Senin, 16 Oktober 2023 | 02:58 WIB | 276 Views

Muara Teweh – Pj Bupati Barito Utara Drs Muhlis mengatakan bahwa sebagaimana yang diamanatkan oleh Undang-Undang nomor 6 tahun 2014 tentang desa, Badan Permusyawaratan Desa (BPD) sebagai lembaga desa yang membahas dan menyepakati peraturan desa bersama Kepala Desa, menampung, mengelola dan menyalurkan aspirasi masyarakat desa, serta melakukan pengawasan pemerintah desa juga berperan penting dalam perencanaan pembangunan desa.

“Mengingat tugas dan fungsi dari BPD sebagai salah satu pilar pemerintahan desa, maka kekosongan keanggotaan badan permusyawaratan desa yang dikarenakan pengunduran diri dan pemberhentian anggota sebelumnya, harus segera diisi melalui mekanisme pengganti antar waktu, seperti yang telah kita laksanakan dan kita resmikan hari ini,” kata Pj Bupati Muhlis, di aula BappedaLitbang, Senin (16/10/2023).

Dikatakan Pj Bupati Muhlis dengan diresmikannya keanggotaan BPD pengganti antar waktu ini, Pj Bupati minta BPD agar segera melaksanakan rapat BPD untuk membentuk struktur kelembagaan BPD, sehingga BPD dapat berfungsi sebagaimana ketentuan yang berlaku.

Pada kesempatan tersebut juga Pj Bupati menyampaikan atas nama pribadi dan atas nama Pemerintah Kabupaten Barito Utara, menyampaikan apresiasi dan penghargaan atas dharma bakti dan pengabdian yang telah diberikan oleh saudara bachtiar selama menjabat sebagai Pj Damang Kepala Adat Kecamatan Teweh Selatan.

Dikatakan Pj Bupati, Damang Kepala Adat adalah pimpinan adat tingkat kecamatan yang berwenang menegakan hukum adat dayak dalam satu wilayah adat.

“Saya berharap kepada Damang Kepala Adat yang baru dilantik, untuk dapat menjalin kerja sama yang baik, bersinergi dengan unsur kecamatan, para mantir adat, tokoh agama dan tokoh masyarakat yang ada di wilayah masing-masing,” kata Pj Bupati Muhlis.

Pj Bupati juga meminta kepada Kepala Dinas Sosial PMD Kabupaten Barito Utara dan Camat Teweh Selatan serta Camat Lahei Barat, agar senantiasa memberikan dukungan dan bimbingan kepada penjabat kepala desa serta PAW anggota BPD dan Damang Kepala Adat yang telah diambil sumpah dan janji dan dilantik, serta PAW anggota BPD yang diresmikan hari ini, khususnya saat menghadapi kendala atau permasalahan yang ada.

“Sekali lagi saya mengucapkan selamat dan sukses kepada penjabat kepala desa Bintang Ninggi II dan Damang Kepala Adat yang dilantik dan diambil sumpah dan janjinya, serta PAW anggota BPD yang diresmikan pada hari ini. Selamat bertugas dan mengabdi bagi bangsa dan negara,” pungkasnya.(ard)

Banner-Topa

Berita Terkait

Berita Terbaru

Jul 18, 2024

Fraksi PKB Sampaikan Dua Pertanyaan Terhadap Pelaksanaan APBD 2023

Muara Teweh – Pada rapat paripurna II DPRD Kabupaten Barito…

Jul 18, 2024

Fraksi ARKS Apresiasi Capaian Opini WTP ke 10 Kalinya dan agar tetap dipertahankan

Muara Teweh – Juru bicara Fraksi Gabungan ARKS DPRD Barito…

Jul 18, 2024

Fraksi Gerindra Apresiasi Atas Tercapainya Opini WTP ke 10 kalinya

Muara Teweh – Fraksi Gerakan Indonesia Raya (F-Gerindra) mengapresiasi atas…

Jul 18, 2024

Fraksi PPP Siap Membahas Raperda Pertanggungjawaban APBD TA 2023

Muara Teweh – Fraksi Partai Persatuan Pembangunan (F-PPP) DPRD Kabupaten…

Jul 18, 2024

Fraksi Demokrat Menerima dan Siap Membahas

Muara Teweh – Fraksi Partai Demokrat (F-PD) DPRD Kabupaten Barito…

Jul 18, 2024

Perolehan Opini WTP ke 10 Kalinya Salah Satu Bentuk Sinergitas antara Eksekutif dan Legislatif

Muara Teweh – Pada pemandangan umum Fraksi PDIP DPRD Kabupaten…