Kelulusan Calon Anggota Paskibraka Ditentukan oleh BPIP

By deliklapan.com - Minggu, 10 Maret 2024 | 08:05 WIB | 384 Views

Muara Teweh – Pemerintah Kabupaten Barito Utara (Pemkab Barut) melaui Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Badan KesbangPol) setempat telah melaksanakan seleksi administrasi terhadap para pelajar di tingkat SLTA Sederajat di wilayah barito Utara.

“Dari pelaksanaan seleksi administrasi tersebut yang dinyatakan lulus sebanyak 190 orang peserta. Dan mereka akan mengikuti tahap seleksi selanjutnya,” kata Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (KesbangPol) Barito Utara, Rayadi, Minggu (10/3/2024) melalui telpon.

Dikatakannya, untuk tahap seleksi selanjutnya yaitu di laksanakan tes Pembinaan Ideologi Pancasila (PIP) dan Tes Integarsi Umum (TIU) secara online yang hasilnya langsung dapat dilihat di HP masing-masing pesrta.

“Para peserta calon anggota Paskibraka ini harus bisa memenuhi standar kelulusan yang nantinya ditentukan oleh Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP),” kata dia.

Lebih lanjut Rayadi menjelaskan setelah itu terus berproses dilanjutkan dengan tes kesehatan dan parade bagi yang dinyatakan lolos dalam seleksi.

“Pembentukan paskibraka ini bukan saja persiapan untuk pengibaran bendera merah putih pada saat memeringati Hari Peringatan Kemerdekaan RI saja akan tetapi mereka terus di bina oleh pemerintah secara berkelanjutan,” ucap Rayadi lagi.

Hal tersebut jelasnya untuk di persiapkan menjadi pemimpin di masa yang akan datang, dimana mereka(calon paskibraka-red) yang berkreakter Pancasila, berwawasan kebangsaan dan lain sebagainya.

Dari 190 orang peserta tersebut, nantinya yang akan di pilih sesuai dengan hasil seleksi sebanyak 49 orang peserta. Dari 49 peserta tersebut 45 orang peserta mengikuti latihan di Barito Utara dan 4 (empat) peserta, dua laki-laki dan dua perempuan akan di ikutikan dalam seleksi Paskibraka di tingkat Provinsi Kalimantan Tengah dan tingkat Nasional.

“Sedangkan untuk 45 orang peserta calon anggota Paskibraka yang ada di Kabupaten Barito Utara akan mengikuti latihan hingga bulan Agustus. 45 peserta tersebut terdiri dari 23 peserta perempuan dan 22 peserta laki-laki,” pungkasnya.(ard)

Banner-Topa

Berita Terkait

Berita Terbaru

Jul 18, 2024

Fraksi PKB Sampaikan Dua Pertanyaan Terhadap Pelaksanaan APBD 2023

Muara Teweh – Pada rapat paripurna II DPRD Kabupaten Barito…

Jul 18, 2024

Fraksi ARKS Apresiasi Capaian Opini WTP ke 10 Kalinya dan agar tetap dipertahankan

Muara Teweh – Juru bicara Fraksi Gabungan ARKS DPRD Barito…

Jul 18, 2024

Fraksi Gerindra Apresiasi Atas Tercapainya Opini WTP ke 10 kalinya

Muara Teweh – Fraksi Gerakan Indonesia Raya (F-Gerindra) mengapresiasi atas…

Jul 18, 2024

Fraksi PPP Siap Membahas Raperda Pertanggungjawaban APBD TA 2023

Muara Teweh – Fraksi Partai Persatuan Pembangunan (F-PPP) DPRD Kabupaten…

Jul 18, 2024

Fraksi Demokrat Menerima dan Siap Membahas

Muara Teweh – Fraksi Partai Demokrat (F-PD) DPRD Kabupaten Barito…

Jul 18, 2024

Perolehan Opini WTP ke 10 Kalinya Salah Satu Bentuk Sinergitas antara Eksekutif dan Legislatif

Muara Teweh – Pada pemandangan umum Fraksi PDIP DPRD Kabupaten…