Diskominfosandi Barito Utara OPD yang Tangani Infrastruktur Digital dalam Kota

By deliklapan.com - Kamis, 4 Januari 2024 | 09:22 WIB | 394 Views

Muara Teweh – Pemerintah pusat beberapa waktu lalu mencanangkan program Smart City atau yang lebih familiar dengan sebutan Kota Cerdas. Terkait hal itu, Kabupaten Barito Utara telah melakukan pembenahan dan melaksanakan program tersebut.

Pembenahan tersebut terjadi di berbagai bidang. Selain penataan kota oleh Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR), melalui pembangunan trotoar yang bisa digunakan oleh individu disabilitas, juga dilakukan penambahan dan penggantian lampu-lampu jalan.

Sehingga kota Muara Teweh menjadi terang dan sangat nyaman untuk dilintasi dan memenuhi kriteria Smart Living sebagai salah satu komponen dari 6 variabel Smart City.

Sejalan dengan itu mulai tahun 2023 tadi, kota Muara Teweh juga sudah dilengkapi dengan closed circuit television (CCTV), videotron, dan display banner dengan sistem jaringan komando terintegrasi dari ruang NOC Dinas Komunikasi, Informatika, dan Persandian Kabupaten Barito Utara yang saat ini telah meningkat statusnya sebagai organisasi perangkat daerah yang menangani infrastruktur, terutama infrastruktur digital dalam kota Muara Teweh.

Kepala Dinas Kominfosandi Kabupaten Barito Utara, HM Ikhsan mengatakan ini adalah langkah Pemkab barito Utara dalam merealisasikan konsep kota cerdas yang termasuk bagian dari Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE).

“Alhamdulillah pada tahun 2023 kita telah melakukan pengadaan 50 mata CCTV, videotron, dan display banner pada beberapa titik krusial kota Muara Teweh. Di lokasi tertentu menggunakan CCTV berteknologi tinggi dan ke depannya titik-titik krusial lainnya akan kita lengkapi,” kata Mochamad Ikhsan didampingi Kabid Bidang e-Governmment pada Dinas Kominfosandi Barito Utara Munawar Khalil, Kamis (4/1/2024) di Muara Teweh.

Dikatakannya, dilokasi tertentu tersebut menggunakan CCTV berteknologi tinggi dimaksud adalah teknologi CCTV yang mampu mengarsir serta melokalisir area, menghitung secara otomatis jumlah orang dalam satu area, jumlah kendaraan yang melintas, dan mencatat nomor atau plat kendaraan secara persisi.

“Kebutuhan CCTV dengan teknologi tinggi ini sudah menjadi media utama dikota-kota besar dalam hal menjaga ketertiban warga. Disamping itu untuk keamanan, CCTV ini bahkan bisa memantau gerak warga sampai ke aspek kebersihan dalam mendukung Smart Environment,” ungkap Kadis Kominfosandi HM Iksan.(ard)

Banner-Topa

Berita Terkait

Berita Terbaru

Jul 18, 2024

Fraksi PKB Sampaikan Dua Pertanyaan Terhadap Pelaksanaan APBD 2023

Muara Teweh – Pada rapat paripurna II DPRD Kabupaten Barito…

Jul 18, 2024

Fraksi ARKS Apresiasi Capaian Opini WTP ke 10 Kalinya dan agar tetap dipertahankan

Muara Teweh – Juru bicara Fraksi Gabungan ARKS DPRD Barito…

Jul 18, 2024

Fraksi Gerindra Apresiasi Atas Tercapainya Opini WTP ke 10 kalinya

Muara Teweh – Fraksi Gerakan Indonesia Raya (F-Gerindra) mengapresiasi atas…

Jul 18, 2024

Fraksi PPP Siap Membahas Raperda Pertanggungjawaban APBD TA 2023

Muara Teweh – Fraksi Partai Persatuan Pembangunan (F-PPP) DPRD Kabupaten…

Jul 18, 2024

Fraksi Demokrat Menerima dan Siap Membahas

Muara Teweh – Fraksi Partai Demokrat (F-PD) DPRD Kabupaten Barito…

Jul 18, 2024

Perolehan Opini WTP ke 10 Kalinya Salah Satu Bentuk Sinergitas antara Eksekutif dan Legislatif

Muara Teweh – Pada pemandangan umum Fraksi PDIP DPRD Kabupaten…