Disdik Barito Utara Gelar Festival Tunas Bahasa Ibu Tingkat Kabupaten

By deliklapan.com - Sabtu, 21 Oktober 2023 | 10:40 WIB | 265 Views

Muara Teweh – Dinas Pendidikan Kabupaten Barito Utara (Disdik Barut) menggelar kegiatan Festival Tunas Bahasa Ibu Tingkat Kabupaten (FTBITK) tahun 2023 di ayla Dinas Pendidikan setempat, Sabtu (21/10/2023).

Kegiatan ini diikuti sebanyak 60 orang dari jenjang SD 7 sekolah dan jenjang SMP 7 sekolah dengan jumlah sekolah yang ikut dalam kegiatan FTBITK sebanyak 14 sekolah yang ada di daerah setempat.

Kepala Bidang Pendidikan Dasar pada Dinas Pendidikan Barito Utara Samsul Astorijaya mengatakan dalam kegiatan Festival Tunas Bahasa Ibu Tingkat Kabupaten untuk daerah barito Utara, Tunas Bahasa Ibu yang dilombakan adalah bahasa Bakumpai yang dikemas dalam enam cabang lomba.

Adapun 6 (enam) cabang lomba yang dilombakan yaitu Pantun Berbahasa Bakumpai, Pidato Berbahasa Bakumpai, Cerpen Berbahasa Bakumpai, Mendongeng Berbahasa Bakumpai, Stand Up Comedy Berbahasa Bakumpai dan Karungut Berbahasa Bakumpai.

“Kegiatan festival berbahasan Bakumpai ini bertujuan dalam upaya pengimbasan sebagai tindak lanjut dan revitalisasi Bahasa Bakumpai yang diselenggarakan oleh balai Bahasa Provinsi Kalteng pada kegiatan pelatihan Guru Master yang telah dilaksanakan pada Bulan Mei 2023 di aula Dinas Pendidikan,” kata Samsul.

Kemudian kata dia sebagai penjaringan peserta didik yang terpilih untuk mengikuti Festival Tunas Bahasa Ibu Tingkat Provinsi Kalimantan Tengah yang dilaksanakan di Barito Selatan pada tanggal 14-15 November 2023 yang akan datang.

Dan katanya Samsul dalam kegiatan ini nantinya akan terjaring sebanyak 6 (enam) peserta dari jenjang SD dan enam peserta dari jenjang SMP pada masing-masing cabang lomba.

“Insya Allah 12 orang yang nantinya terpilih akan dikirim ke tingkat Provinsi Kalimantan Tengah di Kabupaten Barito Selatan bersama masing-masing pelatih pada setiap cabang yang diikuti dan semua biaya akan ditanggung oleh Dinas Pendidikan Barito Utara,” imbuhnya.(ard)

Banner-Topa

Berita Terkait

Berita Terbaru

Jun 22, 2024

Pemkab Diminta Perhatikan Kebutuhan Fasilitasi di Sangar Tarian

MUARA TEWEH- Ketua DPRD Kabupaten Barito Utara Hj Mery Rukaini…

Jun 21, 2024

50 Peserta Ikuti Sosialisasi dan Promosi serta Pelatihan Pengoperasian SI BAGA

Muara Teweh – Kepala Badan Pendapatan Pengelolaan Daerah Kabupaten Barito…

Jun 21, 2024

BPPD Barut Sosialisasi dan Promosi serta Pelatihan Pengoperasian SI BAGA

Muara Teweh – Setelah melaksanakan launcing Sistem Inovasi Barito Utara…

Jun 20, 2024

Pj Bupati Muhlis Tinjau Kegiatan Pasar Murah di Kecamatan Montallat

Muara Teweh – Pj Bupati Barito Utara, Drs Muhlis meninjau…

Jun 20, 2024

Pj Bupati Barut Muhlis Launching Aplikasi SI BAGA

Muara Teweh – Pj Bupati Barito Utara Drs Muhlis melaksanakan…

Jun 20, 2024

Gunakan Anggaran Desa Untuk Kemajuan Pembangunan Desa

Muara Teweh– Harus menjadi perhatian seluruh aparatur dan kepala desa…