Camat Teweh Timur : Pelantikan Penjabat Kepala Desa karena adanya kekosongan

By deliklapan.com - Sabtu, 11 November 2023 | 04:58 WIB | 392 Views

Muara Teweh – Camat Teweh Timur, Kabupaten Barito Utara, Drs Walter mengatakan bahwa pengangkatan dan pelantikan Penjabat (Pj) Kepala Desa Jamut ini dilaksanakan setelah terjadinya kekosongan jabatan kepala Desa Jamut,

“Hal tersebut dikarenakan Kepala Desa Jamud Bapak Sunar meninggal dunia pada hari Senin tanggal 25 September 2023,” kata Camat Teweh Timur, Walter.

Dikatakan Camat Walter, sebagaimana ketentuan peraturan undang-undang yang berlaku atas usulan dari BPD Jamut maka diangkat penjabat kepala desa jamut dari Pegawai Negeri Sipil Pemerintah Daerah Kabupaten Barito Utara sampai dengan dilantiknya kepala desa antar waktu hasil musyawarah Desa Jamut.

Ditunjuknya Abdul Mutolib, sebagai penjabat Kepala Desa Jamut Kecamatan Teweh Timur Kabupaten Barito Utara, berdasarkan Surat Keputusan (SK) Bupati Barito Utara Nomor 188.45/513/2023 tanggal 27 Oktober 2023.

Sebelumnya, Pj Bupati Barito Utara Drs Muhlis mengatakan bahwa sebagaimana ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku, dan agar tetap terjadi kesinambungan roda pemerintahan di Desa Jamut, maka dilakukan pengangkatan penjabat kepala desa yang di angkat dari Pegawai Negeri Sipil (PNS) Pemerintah Daerah sampai dilantiknya Kepala Desa Antar Waktu hasil musyawarah desa.

“Penjabat kepala desa mempunyai tugas, fungsi dan kewenangan yang sama dengan kepala desa yang dipilih langsung oleh masyarakat desa. Penjabat kepala desa harus mampu melanjutkan kegiatan penyelenggaraan pemerintahan desa, perencanaan dan pelaksanaan pembangunan desa, pembinaan kemasyarakatan desa, dan pemberdayaan masyarakat desa, yang telah dijalankan oleh kepala desa sebelumnya,” kata Pj Bupati Muhlis.

Lebih lanjut Muhlis penjabat kepala desa juga harus dapat meletakan dasar yang baik untuk kepala desa antar waktu terpilih nantinya bagi kesinambungan roda pemerintahan di desa Jamut.

“Dengan diangkatnya penjabat kepala desa ini, juga juga diharapkan dapat mengatasi kendala administrasi dan keuangan desa akibat kekosongan jabatan kepala desa. Saya meminta kepada saudara penjabat kepala desa yang baru saja dilantik ini bersama dengan BPD Jamut, agar mempersiapkan dan melaksanakan pemilihan kepala desa antar waktu melalui musyawarah desa,” kata Pj Bupati.(ard)

Banner-Topa

Berita Terkait

Berita Terbaru

Jul 18, 2024

Fraksi PKB Sampaikan Dua Pertanyaan Terhadap Pelaksanaan APBD 2023

Muara Teweh – Pada rapat paripurna II DPRD Kabupaten Barito…

Jul 18, 2024

Fraksi ARKS Apresiasi Capaian Opini WTP ke 10 Kalinya dan agar tetap dipertahankan

Muara Teweh – Juru bicara Fraksi Gabungan ARKS DPRD Barito…

Jul 18, 2024

Fraksi Gerindra Apresiasi Atas Tercapainya Opini WTP ke 10 kalinya

Muara Teweh – Fraksi Gerakan Indonesia Raya (F-Gerindra) mengapresiasi atas…

Jul 18, 2024

Fraksi PPP Siap Membahas Raperda Pertanggungjawaban APBD TA 2023

Muara Teweh – Fraksi Partai Persatuan Pembangunan (F-PPP) DPRD Kabupaten…

Jul 18, 2024

Fraksi Demokrat Menerima dan Siap Membahas

Muara Teweh – Fraksi Partai Demokrat (F-PD) DPRD Kabupaten Barito…

Jul 18, 2024

Perolehan Opini WTP ke 10 Kalinya Salah Satu Bentuk Sinergitas antara Eksekutif dan Legislatif

Muara Teweh – Pada pemandangan umum Fraksi PDIP DPRD Kabupaten…