4 Kabupaten DAS Barito Ikuti Bimtek Pengelolaan Keanekaragaman Hayati Zona 3

By deliklapan.com - Rabu, 4 Oktober 2023 | 06:18 WIB | 275 Views

Muara Teweh – Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) bekerjasama dengan Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Barito Utara (DLH Barut) melaksanakan bimbingan teknis (Bimtek) dalam pengelolaan keanekaragaman hayati, di aula salah satu Hotel dalam kota Muara Teweh, Rabu (4/10/2023).

Kegiatan Bimtek Pengelolaan Keanekaragaman Hayati yang digelar selama 3 hari ini (4-7 Oktober 2023) diikuti puluhan pejabat teknis sejumlah instansi terkait dari 4 Kabupaten di DAS Barito (Barito Utara, Murung Raya, Barito Selatan dan Barito Timur). Dimana 4 kabupaten DAS Barito merupakan Zona 3.

“Kegiatan bimbingan teknis Kehati Zona 3 ini dilaksanakan di Barito Utara, setelah sebelumnya, untuk Zona 1 dilaksanakan di Palangkaraya dan Zona 2 di Pangkalan Bun,” kata panitia pelaksana kegiatan, Igede Data Widiyatmika.

Dikatakannya dalam kegiatan ini menghadirkan narasumber dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), Universitas Palangka Raya (Unpar) dan Bappedalitbang Provinsi Kalimantan Tengah serta narasumber lainnya, baik yang secara langsung maupun via zoom.

“Maksud dan tujuan dilaksanakannya kegiatan bimtek ini adalah untuk meningkatkan kapasitas kelembagaan dan SDM Aparatur Sipil Negara (ASN) di Kabupaten/Kota dalam pengelolaan keanekaragaman Hayati dan mendorong terwujudnya pengembangan taman keanekaragaman hayati di Kabupaten/Kota di Provinsi Kalimantan Tengah.

Sehingga kata Widiyatmika bisa meningkatkan kapasitas pengetahuan dan pemahaman terkait rencana pengelolaan keanekaragaman hayati di daerah masing-masing, terutama sektor lingkungan hidup, kehutanan, tata ruang, pertanian, dan pariwisata.

“Serta terkelolanya potensi keanekaragaman hayati yang ada di masing-masing daerah. Dan tersusunnya dokumen rencana induk pengelolaan keanekaragaman hayati di kabupaten/kota di Kalimantan Tengah,” kata Kabid Tata Lingkungan Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Kalteng ini.(ard)

Banner-Topa

Berita Terkait

Berita Terbaru

Jun 14, 2024

Disnakertranskop UKM Gelar Pelatihan Budidaya Ayam Petelur, Legislator Ini Beri Dikungan

Muara Teweh – Anggota DPRD Kabupaten Barito Utara (Barut) Iqbal…

Jun 14, 2024

Legislator Dukung Penilaian Lomba Desa dan Kelurahan

Muara Teweh – Pelaksanaan kegiatan penilaian lomba desa dan kelurahan…

Jun 12, 2024

RDP DPRD Bersama Pemkab terkait Tata Batas Desa Belum Selesai

Muara Teweh – DPRD Kabupaten Barito Utara melaksanakan rapat dengar…

Jun 12, 2024

Audensi Direktur Perlindungan Dirjen Perkebunan dan Dirjen Perbenihan Kementan, di Sambut Langsung Pj Bupati Barut

Muara Teweh – Pj Bupati Barito Utara Drs Muhlis didampingi…

Jun 12, 2024

Pembab Barut Terima 9 Ekor Sapi Qurban Dari PT Bank Kalteng Cabang Mtw

Muara Teweh – Pemerintah Kabupaten Barito Utara (Pemkab Barut) menerima…

Jun 11, 2024

Pj Bupati Barut Kunjungi ke Pusat Kesehatan Masyarakat Muara Teweh

Muara Teweh – Pj Bupati Barito Utara Drs Muhlis melakukan…