Warga Perlu Diberikan Literasi Digital dan Keuangan Guna Menghindari Penipuan Digital

By deliklapan.com - Kamis, 22 Februari 2024 | 11:58 WIB | 374 Views

Puruk Cahu – Wakil Ketua Komisi I DPRD Murung Raya (Mura), Rahmat Hidayat mengatakan bahwa masih banyak masyarakat yang belum memiliki pengetahuan akan literasi digital dan literasi keuangan yang baik.

Perihal tersebut tentu menjadi salah satu faktor untuk mudahnya masyarakat tertipu dari berbagai modus penipuan digital, karena pemahaman dan pengetahuan akan literasi digital dan literasi keuangan menjadi kunci untuk menghindari terjadinya penipuan digital.

“Belakangan ini, muncul berbagai modus penipuan digital yang semakin canggih dan banyak masyarakat yang mudah terjebak. Penting bagi masyarakat untuk tidak mudah percaya, tergoda, atau terjebak. Sebelum melakukan transaksi atau mempercayai suatu informasi, ada baiknya mencari tahu informasi dan kebenarannya terlebih dahulu,” imbuhnya, Kamis (22/2/2024).

Dia menambahkan, upaya penguatan mitigasi literasi digital dan keuangan sudah sering dilakukan oleh pemerintah dan pihak terkait seperti perbankan dan Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Namun, masih banyak masyarakat yang belum memahami mana sumber pembiayaan yang memiliki izin dari pemerintah. Oleh karena itu, tidak sedikit masyarakat yang terjebak dengan pinjaman online yang sebenarnya tidak memiliki izin.

Oleh karena itu, Rahmat berharap pemerintah dan pihak terkait terus melakukan upaya penguatan dan mengkomunikasikan mitigasi literasi digital dan literasi keuangan kepada semua lapisan masyarakat.

“Dalam sosialisasi sendiri penting untuk menggunakan bahasa yang mudah dicerna dan dipahami masyarakat, termasuk dengan menggunakan bahasa daerah setempat,”tambahnya.

Pemahaman literasi digital dan literasi keuangan yang baik dapat membantu masyarakat membuka mata dan telinga mereka terhadap lingkungan digital yang berkembang pesat. Dengan pemahaman yang baik dan kritis, masyarakat dapat dengan mudah menghindari terjebak dalam aksi penipuan digital yang semakin canggih.(ard)

Banner-Topa

Berita Terkait

Berita Terbaru

Jun 21, 2024

50 Peserta Ikuti Sosialisasi dan Promosi serta Pelatihan Pengoperasian SI BAGA

Muara Teweh – Kepala Badan Pendapatan Pengelolaan Daerah Kabupaten Barito…

Jun 21, 2024

BPPD Barut Sosialisasi dan Promosi serta Pelatihan Pengoperasian SI BAGA

Muara Teweh – Setelah melaksanakan launcing Sistem Inovasi Barito Utara…

Jun 20, 2024

Pj Bupati Muhlis Tinjau Kegiatan Pasar Murah di Kecamatan Montallat

Muara Teweh – Pj Bupati Barito Utara, Drs Muhlis meninjau…

Jun 20, 2024

Pj Bupati Barut Muhlis Launching Aplikasi SI BAGA

Muara Teweh – Pj Bupati Barito Utara Drs Muhlis melaksanakan…

Jun 20, 2024

Gunakan Anggaran Desa Untuk Kemajuan Pembangunan Desa

Muara Teweh– Harus menjadi perhatian seluruh aparatur dan kepala desa…

Jun 19, 2024

Dinas Pertanian Barut Tanam Cabe Besar Bersama Poktan Rindu Alam Desa Bayas

Muara Teweh – Pemerintah Kabupaten Barito Utara (Pemkab Barut) melalui…